PENGARUH IDEALISME, RELATIVISME, TINGKAT PENGETAHUAN AKUNTANSI, JENIS PERGURUAN TINGGI, DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI TERAKREDITASI A DI SEMARANG

YOLANDA, YOLANDA (2021) PENGARUH IDEALISME, RELATIVISME, TINGKAT PENGETAHUAN AKUNTANSI, JENIS PERGURUAN TINGGI, DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI TERAKREDITASI A DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-COVER_a.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-BAB I_a.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
17.G1.0036-YOLANDA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-BAB III_a.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-BAB IV_a.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-BAB V_a.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-DAPUS_a.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.G1.0036-YOLANDA-LAMP_a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Etika berperan penting untuk berperilaku baik dalam kehidupan sehari – hari ataupun bermasyarakat. Penelitian ini didasari oleh berbagai skandal kasus pelanggaran etika seperti praktik creative accounting. Penelitian ini menguji pengaruh idealisme, relativisme, tingkat pengetahuan akuntansi, jenis perguruan tinggi, dan machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Data yang digunakan yaitu 398 mahasiswa aktif dari Universitas dengan program studi Akuntansi S1 terakreditasi A di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan idealisme, tingkat pengetahuan akuntansi, jenis perguruan tinggi berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting dan machiavellian berpengaruh signifikan negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Sedangkan relativisme tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:52
Last Modified: 17 Jun 2021 06:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25729

Actions (login required)

View Item View Item