KRISTIANI, ELISA (2021) WORK ENGAGEMENT PADA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN JABIREN RAYA DITINJAU DARI PERSONAL VALUES DAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-COVER_a.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB I_a.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB III_a.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB IV_a.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB V_a.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB VI_a.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-DAPUS_a.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji work engagement ditinjau dari sepuluh tipe personal values dan karakteristik demografis dengan subjek penelitian yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Jabiren Raya (N=133). Data penelitian diambil dengan menggunakan Skala adaptasi Short Schwartz’s Values Survey dan skala adaptasi Utrecht Work Engagement Scale Student 17 (UWES-SS 17). Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh tipe values yang memiliki hubungan terhadap work engagement yaitu power (r=0,439;p=0,00), achievement (r=0,414;p=0,00), hedonism (r=0,483;p=0,00), stimulation (r=0,326;p=0,01), universalism (r=0,304;p=0,00), benevolence (r=0,157;p=0,03) dan tradition (r=0,175;p=0,02). Sedangkan tipe values self-direction (r=0,058;p=0,25), conformity (r=0,054;p=0,26), dan security (r=0,138;p=0,05) tidak menunjukkan hubungan dengan work engagement. Selanjutnya work engagement ditinjau dari jenis kelamin, dimana tidak terdapat perbedaan work engagement antara laki-laki dan perempuan (t=-0,567;p=0,01). Sebaliknya, work engagement ditinjau dari status sertifikasi menunjukkan adanya perbedaan antara guru yang berstatus bersertifikasi dengan guru non-sertifikasi, dimana guru yang berstatus sertifikasi memiliki tingkat work engagement yang lebih tinggi dibandingkan guru non-sertifikasi (t=1,105;p=0,00).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 06:04 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 06:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25695 |
Actions (login required)
View Item |