Septiana, Bertha (2021) BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN MEMBACA. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-BAB I_a.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-BAB III_a.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-BAB IV_a.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-BAB V_a.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-DAPUS_a.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
18.E3.0033-Bertha Septiana-LAMP_a.pdf Download (813kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Gym dalam meningkatkan memori jangka pendek pada anak yang mengalami hambatan membaca. Hipotesis ini adalah ada perbedaan ingatan jangka pendek antara sebelum dan sesudah diberi pelatihan brain gym. Ingatan jangak pendek sesudah diberi pelatihan brain gym lebih tinggi daripada sebelum diberi pelatihan. Metode penelitian yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SD NK, dengan 5 subjek sesuai kriteria anak yang mengalami hambatan membaca. Dilakukan setiap harinya dengan durasi 15 menit, 5 kali dalam seminggu selama 1 bulan. Metode pengumpulan data menggunakan dengan checklist untuk awalnya, dan proses pretest dan posttest menggunakan digit span. Penelitian dianalisis dengan analisis kuantitatif deskriptif dan perhitungan statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji analisis menghasilkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, dengan ditunjukkan dari nilai Z = -2,000 dengan taraf signifikansi 0,023 < 0, 05. Bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest dengan p: 0,023. Tidak ada perbedaan antara pretest dan follow up p: 0,282, lalu ada perbedaan antara follow up dan posttest dengan p 0, 0415. Kesimpulannya, brain gym dapat meningkatkan memori jangka pendek pada anak yang mengalami hambatan membaca.Dengan demikian hipotesis peneitian diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 05:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 05:57 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25694 |
Actions (login required)
View Item |