PENGARUH LOW-IMPACT DEVELOPMENT TERHADAP DEBIT BANJIR SUNGAI SRINGIN SEMARANG

Purnama, Kevin Isa and Pratikna, Iman Sakajaya (2021) PENGARUH LOW-IMPACT DEVELOPMENT TERHADAP DEBIT BANJIR SUNGAI SRINGIN SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-BAB I_a.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-BAB III_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-BAB IV_a.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-BAB V_a.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-DAPUS_a.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.B1.0006-Kevin Isa Purnama-LAMP_a.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan permasalahan yang sering terjadi di Kota Semarang. Banjir menimbulkan banyak kerugian yaitu kerugian dari segi material, kerugian perekonomian, dan terhambatnya sarana transportasi. Penelitian ini dilakukan di Sungai Sringin Semarang yang mengalami banjir pada musim penghujan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi eksisting Sungai Sringin dan bagaimana pengaruh dari Low-Impact Development (LID) jika diterapkan pada DAS Sringin. Dalam Penelitian ini menggunakan pemodelan Environmental Protection Agency Storm Water Management Model (EPA SWMM) kondisi eksisting dan kondisi penerapan Low-Impact Development (LID), untuk mengetahui besarnya debit puncak runoff tiap subcatchment pada DAS Sringin. Penerapan LID pada DAS Sringin kurang efektif, karena pengaruh nilai runoff pada subcatchment DAS Sringin sebesar -0.50% hingga -7.58%, nilai persen flooding pada junction sebesar -0.09% hingga -8.39%, perubahan tinggi muka air pada saluran mengalami penurunan sebesar 0.001meter hingga 0.006meter, jumlah titik banjir masih tetap yaitu 12 titik. Perbandingan luas area tipe LID berpengaruh terhadap perubahan nilai runoff, sehingga semua tipe LID dapat dipakai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Engineering of Roads and Railroads > Roads
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:56
Last Modified: 09 Jun 2021 02:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25477

Actions (login required)

View Item View Item