SARASWATI, RIKA and PASARIBU, ROTUMIAR and Nugroho, Abraham Wahyu (2021) PERANAN GURU DALAM MEMBERIKAN LITERASI HOAKS. Komunikasi dan Media, 1 (2). pp. 119-130. ISSN e-ISSN 2746-8364
Text (Dokumen)
Naskah + ST_III.A.3.i (3) Peranan Guru Dalam Memberikan Literasi Hoaks_ST_cover Daftar isi dll.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Peer Review)
nilai reviewer III.A.3.i_(3).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (TURNITIN)
report Turnitin_III A 3 i (3) Peranan Guru dalam Memberikan Literasi Hoaks - Rika Saraswati.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berita bohong atau Hoaks menjalar keseluruh lapisan masyarakat Indonesia dan merambah di segala usia, gender, dan status sosial. Penyebaran berita bohong atau hoaks sangat mudah dilakukan melalui media sosial seiring dengan kemudahan teknologi dan akses kepemilikan pada perangkatnya, seperti handphone. Data menunjukkan bahwa remaja menjadi pelaku menyebaran hoaks dengan berbagai jenis berita. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengedukasi remaja mengenai hal ini melalui orangorang terdekat, salah satunya adalah guru. Guru memiliki peran dalam mendidik dan mengevaluasi kemampuan perkembangan peserta didik secara akademik dan nonakademik. Oleh sebab itu, tulisan ini berfokus pada peranan guru dalam memberikan literasi tentang hoaks di sekolah. Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Sint Luis, SMA Daniel Creative School, SMA Santo Yosep dan SMA Theresiana. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ini menunjukkan hasil bahwa para guru telah berperan serta dalam memberikan literasi hoaks kepada para siswa. Akan tetapi, masih terdapat kekurangan mengenai durasi, kebaruan informasi dan metode menyampaian. Literasi hoaks yang dilakukan juga tidak diselenggarakan secara berkelanjutan. Oleh karena itu perlu upaya untuk membuat suatu program dalam rangka menjamin para siswa mendapatkan literasi hoaks melalui cara atau metode yang lebih baik sangat diperlukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | ms Rika Saraswati |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 07:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 15:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25360 |
Actions (login required)
View Item |