Reynaldi, Tesar and Kristanto, Deni Pascal (2019) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS: SIMPANG LAMPER, SIMPANG GAJAH, SIMPANG TLOGOSARI, DAN SIMPANG FATMAWATI SAAT JAM SIBUK). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (Tesar Reynaldi - COVER)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Tesar Reynaldi - BAB I)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - BAB I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (Tesar Reynaldi - BAB II)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
||
|
Text (Tesar Reynaldi - BAB III)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Tesar Reynaldi - BAB IV)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Tesar Reynaldi - BAB V)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (Tesar Reynaldi - DAFTAR PUSTAKA)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (Tesar Reynaldi - LAMPIRAN)
14.B1.0076-Tesar Reynaldi - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan transportasi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan sering dijumpai dengan tingkat kualitas yang rendah maupun besar. Permasalahan tersebut sering dijumpai di beberapa kota di Indonesia termasuk di kota Semarang. Jalan Lamper, jalan Gajah, jalan Tlogosari dan jalan Fatmawati merupakan salah satu jalan di Kota Semarang yang memiliki banyak simpang bersinyal. Tipe lingkungan jalan Lamper, jalan gajah, jalan tlogosari dan jalan Fatmawati merupakan daerah komersial, hal ini bisa dilihat dengan adanya pertokoan, pasar, bengkel, sekolah, dan rumah makan, yang mengakibatkan kemacetan pada jalan tersebut. Jarak persimpangan yang berdekatan juga menimbulkan tundaan yang cukup lama sehingga mengakibatkan kemacetan yang signifikan terutama saat jam sibuk. Dalam hal ini, muncul usulan untuk mengevaluasi kinerja simpang di kota Semarang agar lebih optimal, sehingga pengguna jalan mendapatkan tundaan dan panjang antrian yang minimum. Metode yang digunakan dalam studi penerapan ini adalah metode survey, antara lain survey volume lalu lintas, panjang antrian, tundaan, lebar geometri dan fase lampu. Hasil survey kemudian diolah dengan menggunakan rumus dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan menampilkan ilstrasi yang diolah dengan software Vissim 9. Hasil dari studi penerapan ini adalah didapatkan alternatif perbaikan simpang dan kinerja simpang yang lebih optimal, dengan derajat kejenuhan dibawah 0,75 dan penurunan panjang antrian serta tundaan. Kondisi lalu lintas sangatlah dinamis dan cenderung bertambah setiap tahunnya, sedangkan kapasitas jalan tidak mungkin lagi untuk ditambah dan perubahan geometrik pun sulit untuk dilakukan, maka perlu adanya sistem pengaturan lalu lintas yang lebih dinasmis, yang terintegrasi dan depat dikontrol sesuai kebutuhan pengguna jalan terutama persimpangan. Maka dari itu perlu kebijakan serius dan tegas dari pemerintah setempat untuk menekan pertambahan jumlah kendaraan. Kata Kunci : MKJI, Sofware Vissim 9
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering |
Depositing User: | ms F. Dewi Retnowati |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:47 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25333 |
Actions (login required)
View Item |