ANALISIS MOTIVASI ECOPRENEUR PADA BATIK BAKAU DI KOTA SEMARANG

Huang, Jennifer (2020) ANALISIS MOTIVASI ECOPRENEUR PADA BATIK BAKAU DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - COVER.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
16.D1.0100 - Jennifer Huang - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Batik Bakau merupakan bisnis batik ramah lingkungan dimana bahan baku pewarnanya berasal dari limbah buah bakau yang dikeringkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi ecopreneur Batik Bakau di Kota Semarang. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu orang pemilik Batik Bakau dan dua orang mitra Batik Bakau. Berdasarkan variabel Green Values, terlihat bahwa pemilik mendirikan Batik Bakau yang turut melestarikan lingkungan dan keinginannya untuk mengedukasi mengenai pengetahuan green values kepada orang. Berdasarkan variabel Passion, pemilik memiliki passion di bidang pelestarian lingkungan terlihat dari adanya ketertarikan berperan dalam mengurangi kerusakan lingkungan melalui bisnisnya yang berbasis alam dan ketertarikan menjual produk ramah lingkungan untuk mengajak masyarakat bersama memiliki gaya hidup ramah lingkungan dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan juga. Berdasarkan variabel Gap In The Market, pemilik Batik Bakau telah melihat dan mengisi permintaan pasar yang belum terpenuhi dengan cara menghadirkan produk batik ramah lingkungan yang memiliki identitas. Berdasarkan variabel Being Own Boss, pemilik Batik Bakau bekerja secara mandiri dan fleksibel serta memiliki prestasi-prestasi yang ingin dicapai dari bisnisnya. Berdasarkan variabel Making A Living, pemilik Batik Bakau menyatakan bahwa tidak berfokus dengan keuntungan semata dan pemilik juga optimis akan potensi yang dimiliki bisnisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 08:31
Last Modified: 26 May 2021 08:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item