Nugroho, Kezia Kristiani (2020) PERANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PRODUK PAPER BAG STUDI KASUS TOKO SOUVENIR DUZ CREATIVE SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
|
Text (BAB III)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - BAB III.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - BAB IV.pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
16.D1.0036 - Kezia Kristiani Nugroho - LAMPIRAN.pdf Download (981kB) | Preview |
Abstract
Pada era globalisasi ini, persaingan di bidang bisnis menjadi sangatlah ketat. Konsumen tidak hanya memikirkan masalah harga (price) tetapi juga memikirkan bagaimana kualitas produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu semua perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas produk yang mereka produksi. Hal ini juga dialami oleh perusahaan Duz Creative Semarang yang memproduksi berbagai macam barang handmade, Duz Creative selalu berusaha untuk memproduksi barang yang berkualitas bagi pelanggannya sehingga citra perusahaan di mata pelanggan menjadi baik dan terpercaya. Salah satu cara untuk mengendalikan kualitas produk yaitu dengan pengendalian kualitas metode Six Sigma. Pengendalian kualitas dengan metode Six Sigma merupakan metode yang memiliki suatu visi yaitu peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan (DPMO) sehingga dapat mencapai tingkat kegagalan nol (zero defect). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada produk paper bag Duz Creative pada bulan Desember 2019 hingga bulan Februari 2020, diketahui bahwa produk paper bag memiliki nilai sigma 3,49 dengan kemungkinan terjadi produk cacat sebesar 23.069,61 per sejuta produk (DPMO). Ditemukan permasalahan utama terjadinya kecacatan pada produk paper bag yaitu karena kesalahan mencetak dengan persentase 51,72% ; disusul paper bag kotor dengan persentase 27,59% ; dan kesalahan pemasangan keling dengan persentase 20,69%. Adapun saran yang peneliti berikan untuk meminimalisir kecacatan pada produk paper bag yaitu melakukan maintenance untuk mesin cetak secara berkala, dan memberikan standar kerja yang jelas kepada karyawan yang bertugas membuat paper bag misalnya seperti mencuci tangan terlebih dahulu agar paper bag tidak kotor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 26 May 2021 02:49 |
Last Modified: | 26 May 2021 02:49 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25284 |
Actions (login required)
View Item |