NUGROHO, OLGA DINAR (2020) KOMODIFIKASI BUDAYA TIONGHOA DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text (COVER)
16.M1.0008_OLGA DINA RNUGROHO COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
|
Text (BAB 3)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 3.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 4)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 4.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 5.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) | Preview |
Abstract
Iklan merupakan sarana perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Budaya Tionghoa sering digunakan sebagai tema dan ide konten iklan. Penelitian ini adalah studi tentang iklan televisi yang menggunakan budaya Tionghoa. Iklan televisi yang dianalisis adalah iklan Bukalapak dan Matahari Departemen Store, penelitian ini membahas tentang komodifikasi budaya Tionghoa dalam iklan-iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif , dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan instrument analisis menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua iklan tersebut mengkomodifikasi budaya Tionghoa, nilai guna budaya Tionghoa sebagai warisan turun menurun ditranformasi menjadi tema iklan yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Budaya Tionghoa yang dikomodifikasi dalam iklan tersebut adalah model, pakaian, aksesoris (hiasan), seni musik, tradisi, warna
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | mr Dwi Purnomo |
Date Deposited: | 31 May 2021 06:25 |
Last Modified: | 31 May 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24878 |
Actions (login required)
View Item |