PENGARUH PAPARAN GAMBARAN TUBUH IDEAL DALAM GAMBAR DAN VIDEO YANG DIAMBIL DARI IKLAN DI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA TUBUH PEREMPUAN REMAJA AWAL

Purnama, Louis Pramudeta Lingga (2020) PENGARUH PAPARAN GAMBARAN TUBUH IDEAL DALAM GAMBAR DAN VIDEO YANG DIAMBIL DARI IKLAN DI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA TUBUH PEREMPUAN REMAJA AWAL. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.E1.0041_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
16.E1.0041_BAB 1.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
16.E1.0041_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
16.E1.0041_BAB 3.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
16.E1.0041_BAB 4.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16.E1.0041_BAB 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
16.E1.0041_BAB 6.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.E1.0041_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
16.E1.0041_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya pengaruh dari paparan gambaran tubuh ideal dalam gambar dan video yang diambil dari iklan di media massa terhadap citra tubuh perempuan remaja awal. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh paparan gambaran tubuh ideal dalam gambar dan video yang diambil dari iklan di media massa terhadap citra tubuh perempuan remaja awal. Citra tubuh perempuan remaja awal setelah terpapar lebih rendah dibandingkan dengan sebelum terpapar gambaran tubuh ideal dalam gambar dan video yang diambil dari iklan di media massa. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Kristen Tanah Putih, Semarang dengan jumlah subjek 18 perempuan remaja awal dengan rentang usia 12 sampai dengan 16. Pengujian tingkat citra tubuh pada perempuan remaja awal panti asuhan menggunakan skala citra tubuh yang diberikan sebelum dan sesudah diberikannya paparan gambaran tubuh ideal dalam gambar dan video yang diambil dari iklan di media massa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes ranking-bertanda wilcoxon. Hasil tes ranking-bertanda wilcoxon menunjukan nilai z wilcoxon sebesar -1,873 dengan nilai p= 0,0305 dengan (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terjadi berbedaan antara pre test dan post test. Diketahui bahwa nilai mean pre test = 136,50 dan nilai mean post test = 121,61, sehingga dapat diartikan bahwa nilai post test lebih rendah dibandingkan dengan nilai pre test. Dapat disimpulkan bahwa nilai citra tubuh pada perempuan remaja awal panti asuhan Kristen Tanah Putih mengalami penurunan yang signifikan setelah diberikan paparan gambaran tubuh ideal dalam gambar dan video yang diambil dari iklan di media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 07 May 2021 07:01
Last Modified: 07 May 2021 07:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24843

Actions (login required)

View Item View Item