RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK

Oktaviora, Agatha Yonanda (2020) RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
15.E1.0157_BAB 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
15.E1.0157_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
15.E1.0157_BAB 3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
15.E1.0157_BAB 4.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
15.E1.0157_BAB 5.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
15.E1.0157_BAB 6.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.E1.0157_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.E1.0157_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara empirik antara komunikasi interpesonal orang tua dan anak dengan resiliensi akademik mahasiswa tahun pertama. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan resiliensi akademik mahasiswa. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Fakultas Arsitektur dan Desain Jurusan Arsitektur angkatan 2019 dan mengalami kesulitan akademik pada tahun pertama perkuliahan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 42 mahasiswa. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan menggunakan dua skala yaitu skala resiliensi akademik mahasiswa dan skala komunikasi interpersonal orang tua dan anak. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi sebesar 0,570 (p<0,01). Hal ini menunjukan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dan resiliensi akademik mahasiswa dan hipotesis diterima dengan sumbangan efektif sebesar 32,49%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 07 May 2021 06:52
Last Modified: 07 May 2021 06:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item