PENGARUH GENDER, PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN JENIS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING

Dewi, Dian Ajeng Kumala (2020) PENGARUH GENDER, PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN JENIS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
15.G1.0157_COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
15.G1.0157_BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
15.G1.0157_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
15.G1.0157_BAB 3.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
15.G1.0157_BAB 4.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
15.G1.0157_BAB 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.G1.0157_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.G1.0157_LAMPIRAN.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting adalah cara pandang mahasiswa mengenai praktik penggunaan celah dalam kebijakan akuntansi yang digunakan perusahaan untuk memperbaiki laporan keuanganya menjadi terlihat lebih sehat. Penelitian tentang persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting ini didasari oleh banyaknya tindakan merugikan karena penggunaan celah kebijakan akuntansi terutama di dunia bisnis. Sebagai calon pebisnis mahasiswa akuntansi harus memiliki persepsi mengenai creative accounting yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, pengetahuan etika profesi akuntan dan jenis perguruan tinggi terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Objek penelitian ini adalah mahasiswa aktif akuntansi yang berasal dari universitas di Kota Semarang yang terakreditasi A. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan google form yang diisi oleh 390 responden. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada universitas dan perusahaan tentang persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa; pertama laki – laki tidak lebih memiliki kecenderungan untuk melakukan creative accounting daripada perempuan, kedua pengetahuan etika profesi akuntan berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, ketiga mahasiswa dari perguruan tinggi tidak berbasis agama tidak lebih memiliki kecenderungan untuk melakukan creative accounting daripada perguruan tinggi berbasis agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:16
Last Modified: 23 Apr 2021 04:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24576

Actions (login required)

View Item View Item