Edukasi Efek Rumah Kaca Terhadap Perubahan Iklim Melalui Game Android Berbasis Accelerometer

Jordan, Mahendra (2020) Edukasi Efek Rumah Kaca Terhadap Perubahan Iklim Melalui Game Android Berbasis Accelerometer. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.N2.0007_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
16.N2.0007_BAB 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
16.N2.0007_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
16.N2.0007_BAB 3.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
16.N2.0007_BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16.N2.0007_BAB 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.N2.0007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
16.N2.0007_LAMPIRAN.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Perubahan iklim sudah menjadi isu global, efek rumah kaca yang menjadi penyebab utama dari perubahan iklim. Efek rumah kaca memiliki peran penting dalam menjaga suhu bumi tetap hangat. Tetapi gas rumah kaca semakin meningkat yang menyebabkan suhu rata – rata global terus meningkat. Emisi gas rumah kaca ini disebabkan oleh manusia, seperti penggunaan bahan bakar fosil sebagai sumber energi, metana berlebih dari peternakan dan pembakaran hutan sebagai penyerap CO2 . Untuk itu bagaimana manusia mengurangi emisi gas rumah kaca seperti beralih dari bahan fosil ke energi alternatif, penggunaan kendaraan umum dibanding kendaraan pribadi, mengurangi konsumsi daging dan lain – lain. Dengan edukasi melalui permainan akan mempelajari semua ini dengan cara yang berbeda, dengan menggunakan accelerometer sebagai kontrol utama menjadi tantangan tersendiri bagi pemain. Laporan skripsi ini berisi tentang penelitian bagaimana menyusun materi efek rumah kaca dalam bentuk permainan berbasis android. Data pengujian permainan melalui pengajuan beberapa pernyataan kepada responden. Kuesioner dibagikan kepada responden yang telah secara langsung memainkan game ini. Setelah melakukan pengujian permainan didapat hasil variabel kemudahan dan variabel kesenangan memiliki korelasi terhadap variabel keinginan untuk kembali menggunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:59
Last Modified: 23 Apr 2021 03:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item