Search for collections on Unika Repository

PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA LABORATORIUM KLINIK MEDITEST SEMARANG

Erickson, Renaldy Prasadana (2021) PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA LABORATORIUM KLINIK MEDITEST SEMARANG. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-COVER_a.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-BAB I_a.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-BAB III_a.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-BAB IV_a.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-BAB V_a.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-DAPUS_a.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.D3.0005-Renaldy Prasadana Erickson-LAMP_a.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Meditest merupakan sebuah laboratorium klinik yang berada di kawasan Semarang Selatan. Kawasan ini merupakan salah satu lokasi yang strategis karena berdekatan dan berhubungan langsung dengan kawasan pusat Kota Semarang. Namun, dalam tiga tahun terakhir ini jumlah kunjungan pasien ke Meditest mengalami penurunan, sehingga hal ini turut berdampak pada menurunnya pemasukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan strategi bersaing bagi Meditest dengan berdasarkan paparan dari Fred R. David. Data untuk penelitian ini berjenis primer yang dikumpulkan dengan wawancara kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas berjalannya Meditest, yaitu pemilik Meditest, manajer, bagian pengadaan, bagian pemasaran, dan analis lab. Kemudian, data diolah dimulai dengan tahap pertama menggunakan analisis faktor eksternal dan faktor internal, tahap selanjutnya matriks IE dan matriks SWOT, hingga tahap terakhir menggunakan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang tepat digunakan oleh Meditest adalah strategi penetrasi pasar. Kegiatan pemasaran dan promosi perlu lebih digencarkan oleh Meditest, terutama menggunakan media sosial populer sehingga Meditest lebih banyak dikenal orang banyak secara umum. Serta perlu dipertimbangkan untuk memperbarui perlengkapan lab yang dirasa kuno menjadi perlengkapan dengan teknologi terbaru sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan pada pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:32
Last Modified: 20 Apr 2021 04:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item View Item