FACADE MEDIA SEBAGAI ALTERNATIF TITIK REKLAME PEMBENTUK VISUAL KOTA SEMARANG

Prastomo, Agustinus Dicky (2019) FACADE MEDIA SEBAGAI ALTERNATIF TITIK REKLAME PEMBENTUK VISUAL KOTA SEMARANG. Praxis, 1 (2). pp. 196-210. ISSN 2622-9137

[img]
Preview
Text
Facade Media_KF2018_fullpaper_dicky_DKV.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: http://journal.unika.ac.id/index.php/praxis

Abstract

Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah memiliki ring area yang menjadi ikon penting seperti Simpang Lima, Jalan Pahlawan, Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, dan Jalan Gadjah Mada. Kondisi terkini menunjukkan penataan dan peletakan titik-titik reklame yang belum tertata rapi dan semakin banyak jumlahnya secara visual terkesan semrawut dan tidak indah. Tulisan ini bertujuan untuk memberi alternatif pilihan penataan titik reklame agar lebih rapi dan indah. Menggunakan survei fotografi pemetaan jalan yang dilakukan dari beberapa sudut menghasilkan data visual yang kemudian disimulasikan ke visual yang ingin diwujudkan. Hasil kajian visual penataan titik reklame di ke lima ring area tersebut menunjukkan trend relokasi dan penghilangan titik reklame. Fasade media disarankan menjadi media alternatif penyampai informasi yang efektif dan lebih efisien. Temuan simulasi komunikasi visual menggunakan fasade dapat menjadi alternatif sebagai program jangka panjang pendapatan asli daerah, kondisi ini diharapkan mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi Kota Semarang. Kata kunci: Fasade Media, Reklame, Visual, Citra

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > City Planning
Depositing User: Mr. Agustinus Dicky Prastomo, SIP., MA
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:02
Last Modified: 18 Mar 2021 07:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item