Haryanti, Kristiana and HINDIARTO, FERDINANDUS and Hapsari, Widawati Pelatihan Mutu Pelayanan (Service Quality) Pengelola Credit Union. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.
Text
Pengabdian Service Quality_repository.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah memberikan Pelatihan Mutu Perlayanan (Service Quality) untuk para pengurus dan karyawan CU PL Kasih. Pelatihan dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal pada tanggal 12 dan 13 November 2020. Pelatihan diikuti oleh 19 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan karyawan CU Pangudi Luhur Pelita Kasih. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh bahwa pelatihan pelayanan untuk para karyawan dan pengurus CU Pangudi Luhur Kasih telah dilakukan dengan baik. Hal ini terbukti hasil evaluasi pada level reaksi (isi pelatihan, kemampuan pelatih dan pelaksanaan pelatihan) menunjukkan mayoritas semua peserta pelatihan merasa puas dan sangat puas terhadap pelatihan Mutu Pelayanan yang diberikan. Sedangkan pada evaluasi level knowledge (pengetahuan) menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dari sebelum pelatihan. Dapat dikatakan pengetahuan peserta pelatihan meningkat. Pada level behavior menunjukkan bahwa secara umum perilaku mutu pelayanan belum ada perubahan yang signifikan. Meskipun demikian, terdapat aspek yang menunjukkan perubahan yang signifikan yaitu, pada aspek empati. Hasil analisis terhadap kepuasan anggota menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan yang signifikan. Hal ini dapat dipahami karena perilaku mutu pelayanan tidak mengalami perubahan (meningkat). Saran dari hasil pengabdian dibahas lebih lanjut. Kata kunci: credit union, mutu pelayanan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Industrial Psychology |
Depositing User: | Ms Kristiana . |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 06:19 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 06:19 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23562 |
Actions (login required)
View Item |