Inovasi Pemasaran Digital Bagi UMKM di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru: Kajian Deskriptif UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam Wilayah Magelang

LEONG, HIRONIMUS Inovasi Pemasaran Digital Bagi UMKM di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru: Kajian Deskriptif UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam Wilayah Magelang. SEMINAR NASIONAL SERI KE 4 PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN. ISSN 9-786239-574000

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar UNTAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi yang berlangsung selama tahun 2020 mengakibatkan keterpurukan ekonomi bagi UMKM khususnya bahan baku alam. Pasar supplai bahan baku dan juga pasar penjualan yang hilang sebagai efek dari penurunan daya produksi dan juga daya beli masyarakat. Salah satu solusi inovasi yang tersedia di masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) adalah transformasi digital dalam bidang pemasaran. Ketersediaan media sosial dan juga berbagai e-commerce untuk penjualan online menjadi harapan bagi UMKM untuk tetap bertahan. Pemasaran yang dilakukan secara tradisional harus beradaptasi dengan memiliki akses yang dekat dengan perkembangan teknologi. Transformasi pemasaran konvensional ke pemasaran digital secara masif menjadi tantangan bagi UMKM bahan baku alam untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mendorong roda perekonomian. Kata kunci: inovasi, digital, pemasaran, UMKM, bahan baku alam

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Mr Marlon Leong
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:22
Last Modified: 08 Feb 2021 03:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23510

Actions (login required)

View Item View Item