KURNIAWAN, RICKY PRIYAGUS and CHRISTIAN, LAY, SAMUEL (2020) ESTIMASI ANGGARAN PROYEK PRESERVASI JALAN BERBASIS LIFE CYCLE COST ANALYSIS (LCCA) DENGAN METODE MONTE CARLO (STUDI KASUS PADA JALAN NASIONAL TANIWEL – SP. PELITA JAYA KM 0 – KM 10 DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT, MALUKU). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_COVER_a.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_BAB I_a.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_BAB III_a.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_BAB IV_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_BAB V_a.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_DAPUS_a.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
16.B1.0020-RICKY PRIYAGUS KURNIAWAN_LAMP_a.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Dalam menjaga kondisi jalan nasional, pemerintah menerapkan kebijakan preservasi jalan. Pada lelang proyek preservasi jalan Taniwel – Sp. Pelita Jaya, nilai kontrak yang ditawarkan terlalu murah sehingga tidak ada kontraktor yang mengikuti lelang tersebut. Oleh karena itu, unsur resiko perlu dimasukkan dalam penyusunan anggaran agar anggaran menjadi lebih optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Monte Carlo. Dengan menggunakan Monte Carlo, maka anggaran preservasi dinaikkan sebesar 5% dan 10% untuk kemudian ditentukan nilai randomnya. Dengan simulasi pengacakan sebanyak 1.000 kali, maka biaya anggaran yang optimal dapat ditentukan melalui probabilitas yang paling tinggi Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui estimasi anggaran proyek preservasi jalan berbasis Life Cycle Construction Analysis (LCCA) dengan Metode Monte Carlo Lingkup dari penelitian ini antara lain : (a) Jalan nasional yang dianalisis adalah jalan nasional Taniwel – Sp. Pelita Jaya dari KM 0 – KM 10 ; (b) Ruang lingkup yang diteliti pada LCCA adalah gate to gate ; (c) Penentuan kondisi jalan menggunakan metode International Roughness Index (IRI) ; (d) Dalam mengestimasi anggaran secara optimal dilakukan menggunakan metode Monte Carlo Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder yang didapat langsung di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Ambon. Data sekunder tersebut berupa kondisi eksisting jalan Taniwel – Sp. Pelita Jaya, data IRI, kerusakan, lalu lintas harian, dan lendutan pada jalan Taniwel – Sp. Pelita Jaya, serta harga satuan pekerjaan jalan di kabupaten Seram Bagian Barat Hasil dari penelitian ini adalah biaya total preservasi jalan Taniwel – Sp. Pelita Jaya KM 0 – KM 10 adalah sebesar Rp 1.249.851.990,80. Dengan menggunakan Monte Carlo, biaya optimal yang ditentukan adalah sebesar Rp 1.343.320.000,00. Nilai ini memiliki selisih sebesar Rp 93.468.009,20 dari biaya normal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Engineering of Roads and Railroads > Roads |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 05:52 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 05:52 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23036 |
Actions (login required)
View Item |