PERMATASARI, VINCENTIA ANANDA ARUM and PASARIBU, ROTUMIAR LAPORAN PENELITIAN "MANAJEMEN REPUTASI SEKOLAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SEMARANG". Project Report. LPPM Unika Soegijapranata. (Unpublished)
Text
peer review.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
Laporan - pengesahan - ST.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 menjadi sebuah kisah tersendiri bagi seluruh lapisan muka bumi. Hampir segala aspek memperoleh dampak akan peristiwa ini. Bahkan, situasi ini membawa perubahan yang global secara kebudayaan dan ideologi masyarakat tertentu. Tak terkecuali bidang pendidikan juga mengalami hal serupa. Budaya belajar bersama dengan tatap muka dan berinteraksi satu sama lain untuk saling berkembang dan berkompetisi pun menjadi berubah. Sekolah, sebagai tempat berkerumunnya para pelajar secara formal pun melakukan perubahan yang cepat demi kelangsungan sistem dan tatanan manajerial. Tidak sedikit sekolah khususnya di Semarang telah mengikuti himbauan perintah untuk melakukan Pendidikan Jarak Jauh. Keputusan yang mendadak ini menuntut untuk setiap bagian sekolah, khususnya SMA Daniel Creative School dan SMA Theresiana mengubah dan merancang pembelajaran berbasis online. Disatu sisi, keputusan tersebut membantu sistem sekolah tetap berjalan. Akan tetapi di sisi yang lain, keluhan yang terjadi selama Pendidikan Jarak Jauh ini berlangsung memberikan dampak pada reputasi sekolah karena kurangnya kepercayaan dari publik eksternal. Oleh sebab itu, tinjauan sekolah mengenai target yang berkepentingan, media pendukung, efisiensi pesan dan waktu pemecahan masalah yang tepat membantu mengembalikan dan memperbaiki reputasi sekolah. Hasil temuan dalam wawancara menunjukkan bahwa kesiapan kedua SMA tersebut cukup membantu kemungkinan kesulitan yang akan dihadapi. Kedua SMA tersebut bahkan telah menyiapkan sistem yang dianggap baik untuk melakukan belajar secara online bahkan sebelum wabah ini hadir. Oleh sebab itu, baik pimpinan sekolah, guru dan siswa hanya menemukan permasalahan umum seperti jaringan, kuota internet dan kesalahpahaman kecil yang dapat diatasi. Kondisi tersebut selain menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah siap, juga terlihat bahwa sekolah tersebut memiliki manajemen reputasi yang baik. Terbukti dalam ulasan bahwa sekolah tersebut justru mengalami peningkatan jumlah siswa baru yang dianggap sebagai respon positif bagi pihak sekolah dari publik internal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen reputasi memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup perusahaan / institusi. Oleh sebab itu baik bagi sebuah organisasi untuk terus melakukan evaluasi diri dan menyiapkan diri bahkan sebelum isu dan krisis terjadi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Research Department |
Depositing User: | Ms Vincentia Ananda |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 12:52 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 11:38 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22340 |
Actions (login required)
View Item |