RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS PADA PERUSAHAAN SOUVENIR MEGA PROMOTIONS SEMARANG

KUSDIARTINI, VERONICA and PRAPTI, MENIEK SRINING and SOEKESI, AGUSTINE EVA MARIA and PRESTIANTO, BAYU RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS PADA PERUSAHAAN SOUVENIR MEGA PROMOTIONS SEMARANG. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Lap penelitian Pengendalian Kualitas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Persaingan perusahaan yang terjadi selama ini, membuat pengelola perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik, sehingga tidak ditinggalkan oleh konsumen. Menghadapi persaingan tersebut mendorong pengelola perusahaan berupaya untuk meningkatkan kualitas produknya agar tidak terjadi produk rusak dalam setiap aktifitas produksi. Upaya peningkatan kualitas bisa dilakukan dengan pengendalian Kualitas. Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk melakukan pengendalian kualitas diantaranya adalah menggunakan alat pengendalian kualitas, dengan menggunakan metode Statistical Process Control (SPC) dan untuk mengetahui akar penyebab produk cacat, bisa juga menggunakan Diagram Ishikawa/ diagram Fishbone/diagram Sebab Akibat. Melihat besarnya manfaat penerapan metode pengendalian kualitas bagi perusahaan, maka perbaikan secara terus menerus juga sangat bermanfaat bagi Perusahaan Mega Promotion dan Perusahaan Duz Creative Semarang dalam menjalankan usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan rancangan pengendalian kualitas pada Perusahaan Mega Promotion dan Perusahaan Duz Creative Semarang. Responden penelitian pada masing-masing perusahaan ini adalah supervisor bagian produksi yang berjumlah 2 orang, pemilik selaku pimpinan perusahaan, dan dua orang karyawan bagian produksi yang memiliki pemahaman terkait proses produksi yang berlangsung, kondisi kualitas produk yang dihasilkan, serta yang memiliki kemampuan dan kewenangan untuk mengendalikan kualitas produk perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis Statistical Process Control (SPC) dan Alat analisis Diagram Ishikawa. Hasil penelitian Rancangan pengendalian kualitas pada Perusahaan Mega Promotion Semarang dan Perusahaan Duz Creative Semarang, secara keseluruhan memiliki rancangan yang hampir sama. Proporsi Produk Cacat pada produk yang dihasilkan Perusahaan Mega Propotion dan Perusahaan Duz Creative memiliki rata-rata berkisar 1% sampai 3 %. Performa Pengendalian Kualitas dengan Bagan Proporsi, menunjukkan bahwa kedua perusahaan tersebut pada beberapa produk cacat memiliki performa yang baik (masih dalam batas kendali), tetapi juga ada produk cacat yang masih perlu diperbaiki karena memiliki performa yang kurang baik (diluar batas kendali atas/UCL). Dari produk cacat yang memiliki performa kurang baik, maka dilakukan enelusuran (Evaluasi) Penyebab Produk Cacat dengan menggunakan diagram Ishikawa. Hasil penelusuran terhadap dua perusahaan diketahui bahwa penyebab produk cacat adalah faktor manusia, faktor material, faktor metode dan faktor mesin. Selanjutnya dari hasil penyebab produk cacat, dilakukan tindakan perbaikan untuk mengatasi Produk Cacat sesuai dengan faktor penyebab masing-masing jenis produk cacat. Saran untuk Perusahaan Mega Promotion Semarang dan Perusahaan Duz Creative, bahwa perusahaan masih perlu menekan produk cacat pada produk yang dihasilkan ataupun pada proses sablon.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Veronica Kusdiartini
Date Deposited: 11 Sep 2020 08:34
Last Modified: 11 Sep 2020 08:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item