Search for collections on Unika Repository

ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PELAKU USAHA WARALABA SKALA KECIL DI SEMARANG

SOEKESI, AGUSTINE EVA MARIA and SUGIHARTO, YOHANES ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PELAKU USAHA WARALABA SKALA KECIL DI SEMARANG. Project Report. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
(Final+ST+pengesahan) LAPORAN PENELT Eva-Kelik P3M 2019-2020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)

Abstract

Usaha waralaba pada umumnya memiliki format yang baku tidak hanya pada produknya, namun juga pengelolaan dari hulu sampai hilir. Bagi para pelaku usaha kecil yang memiliki keterbatasan dalam pengelolaan usaha, format waralaba ini dapat menjadi pilihan untuk tetap bisa memiliki dan menjalankan usaha. Dari berbagai sumber data, dapat diketahui bahwa sampai saat ini proporsi pelaku usaha skala kecil mendapai lebih dari 90% di Indonesia. Peta di setiap provinsi juga menunjukkan proporsi yang tidak jauh berbeda. Dari proporsi yang sangat besar tersebut, sebagian besar bergerak di pangan (makanan dan minuman). Demikian juga dengan usaha waralaba, sebagian besar juga di bidang pangan. Dari hasil penelitian sebelumnya (Soekesi dan Simandjuntak, 2014, 2015, serta Soekesi dan Sugiharto, 2019), meskipun usaha waralaba skala kecil bidang pangan memiliki format yang baku, namun ternyata di sepanjang pengelolaan dari hulu sampai hilir masih diberi kesempatan untuk melakukan improvisasi bagi pewaralabanya. Kondisi ini terlihat pada hasil penelitian tersebut bahwa dalam perjanjian dan pelaksanaan perjanjian tidak semua aspek pengelolaan usaha ditetapkan secara mutlak oleh pemilik waralaba. Namun ada beberapa hal pewaralaba masih memiliki ruang untuk melakukan improvisasi dan kebebasan dalam mengelola. Untuk dapat memanfaatkan kesempatan mengembangkan usaha waralaba tersebut maka perlu diidentifikasi bagaimana orientasi kewirausahaan pelaku usahanya. Pendekatan yang digunakan adalah teori dari Lumpkin dan Dess (1996). Berdasarkan teori ini, orientasi kewirausahaan diukur dengan menggunakan 5 indicator Otonomi, Inovatif, Pengambilan Risiko, Proaktif, dan Agresif dalam persaingan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menggambarkan peta potensi pewaralaba skala kecil untuk dapat mengembangkan usahanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Eva Maria
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:02
Last Modified: 05 Sep 2020 07:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21754

Actions (login required)

View Item View Item