Dukut, Ekawati Marhaenny and MURNIATI, CECILIA TITIEK and Widiantoro, Albertus Dwiyoga (2018) Model Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif dengan Cergam Animasi Berbasis Budaya Year 2. Other. UNIKA Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)
|
Text
58119982142018G1_58119982142018G1_laporan_akhir Penel PSNI 2018.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
New Doc 2020-12-23 10.06.09.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
yes.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Literatur mengenai penggunaan multimedia dalam pengajaran bahasa Inggris menyatakan bahwa penggunaan teknologi membantu siswa dalam beberapa hal termasuk meningkatkan minat dan sikap untuk belajar. Cerita bergambar animasi merupakan salah satu bentuk multimedia yang banyak digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris. Namun, materi dan bahan yang diberikan kebanyakan menggunakan gambar yang tidak mencerminkan budaya Indonesia. Saat ini, bentuk cergam animasi yang populer di Indonesia adalah yang berbahasa Inggris dimana para penciptanya kebanyakan berasal dari budaya yang bahasa ibunya adalah bahasa Inggris. Dengan kata lain, budaya yang disampaikan melalui cergam animasi lebih banyak berasal dari budaya Barat daripada dari budaya Timur. Karena itulah peneliti melihat bahwa perlu diciptakan cergam animasi yang berbasis budaya Jawa sehingga siswa pun lebih menghargai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Dalam penelitian ini telah diciptakan semi-TOEFL atau TOEFL-like game software yang mengakomodasi cergam animasi yang berbasis budaya Indonesia yang dilengkapi dengan latihan bahasa Inggris untuk meningkatkan ketrampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Pada penelitian tahap pertama telah dibuat prototype dan disain latihan bahasa Inggris, yang diimplementasikan di beberapa sekolah menengah pertama. Untuk tahap yang kedua telah dikembangkan game software yang tadinya hanya untuk PC menjadi siap untuk di google playstore sehingga dapat dimainkan di fasilitas media mobile phone atau telepon seluler. Dengan menggunakan mixed method, penelitian yang dilakukan telah melihat seberapa jauh cergam animasi yang telah dikembangkan menjadi aplikasi game ini membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris. Luaran penelitian yang dihasilkan adalah produk terapan iptek-sosbud yang dapat memajukan kemampuan Bahasa Inggris masyarakat agar mampu bersaing dengan dunia yaitu berupa (1) Animasi cergam yang diolah untuk sebuah aplikasi game software yang pada tahun ke-1 berupa game untuk PC namun di tahun ke-2 berkembang menjadi game berbasis android, (2) HKI atau hak cipta atas gambar karakter sayur yang dijadikan tokoh dalam cergam animasi dan game software untuk PC di tahun ke-1, dan manual book game software untuk PC dengan source code-nya di tahun ke-1, (3) hak cipta atas manual/ play guide TOEFL-like game software Tommy & Pokina yang berbasis budaya Indonesia di google playstore untuk tahun ke-2, (4) presentasi tentang penelitian dalam seminar nasional di tahun ke-1 dan seminar lokal di tahun ke-2, (5) presentasi tentang penelitian dalam seminar internasional di tahun ke-1 dan ke-2, (6) publikasi ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi, (7) status published untuk publikasi ilmiah dalam jurnal internasional yang bereputasi di tahun ke-2, (8) status submitted untuk publikasi ilmiah dalam jurnal terakreditasi sehingga dapat memperlihatkan bagaimana game software telah di uji coba dan di implementasikan dengan menggunakan data tanggapan para responden yang mengujicoba game itu melalui instrumen penelitian yang berbentuk kuesioner dan wawancara, (9) ter-ISBN-kan buku ajar tentang The Use of Digital Media in the Classroom (Penggunaan Media Digital di dalam Kelas) yang tidak hanya melibatkan peneliti sebagai penulis namun juga rekan sejawat di PT yang mempraktekkan penggunaan media digital dalam kelasnya, dan (10) video tentang penggunaan produk penelitian sebagai hasil dari rekayasa sosial. Kata
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Language |
Divisions: | Faculty of Language and Art |
Depositing User: | Ms Cecilia Titiek Murniati |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 02:05 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 16:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21619 |
Actions (login required)
View Item |