WIRAWAN, ARIS BAGUS (2013) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENGAMALAN NILAI PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Other thesis, PRODI DKV UNIKA SOEGIJAPRANATA.
|
Text (COVER)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB III Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0053 Aris Bagus Wirawan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa memiliki peran penting dalam menentukan jatidiri bangsa Indonesia dengan keanekaragaman yang terkandung dalam tiap suku, budaya, dan bahasa. Penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan nasional adalah penerapan Pancasila dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Degradasi moral melanda bangsa Indonesia, terbukti banyaknya tindak kasus korupsi, kekerasan, dan konflik masyarakat yang sudah menjadi budaya negeri. Anak sebagai penerus bangsa merupakan poin penting dalam menanamkan nilai Pancasila. Dalam sisi pendidikan sendiri porsi pengajaran materi Pancasila dalam Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan) berkurang dari kurikulum sebelumnya. Metode yang digunakan adalah penelitian Kualitatif, pertama yaitu Tinjauan Pustaka untuk pencarian data seputar Pancasila (sejarah, filosofi, tujuan, manfaat, nilai tiap sila). Dalam upaya untuk menemukan posisi Pancasila sebenarnya untuk membentuk strategi komunikasi visual bagi penyampaian nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk anak SD. Studi dokumen dan kasus dilakukan dengan pencarian sumber informasi dari cetak, web, dan melakukan wawancara dengan sumber terkait. Setelah itu melakukan pengkajian untuk mendapatkan inti masalah kemudian merumuskannya. Dengan mempertimbangkan media kesukaan anak, penulis mendapatkan hasil Cerita Bergambar sebagai media pemecahan masalah. Dengan membentuk tokoh fiktif sebagai figur panutan Pancasila kepada anak dan lewat intrik cerita petualangan yang disajikan, penulis memiliki konsep untuk menuntun dan memberikan contoh kepada anak dalam mengamalkan Pancasila. Lewat strategi promosi yang dilakukan media ini dibuat menjadi buku serial, yang terbit setiap bulan dengan cerita bersambung. Buku ini berperan sebagai media pendamping anak dalam belajar pengamalan Pancasila lewat media cerita bergambar yang disukai anak-anak. Dalam rangka untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk mengamalkan nilai Pancasila untuk menuju kehidupan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Frederika Kristin |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 21:07 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 21:07 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |