BUANA, WISNU KRISNANDI CAKRA (2019) MIXED USE BUILDING DENGAN PENDEKATAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT DI JAKARTA. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_BAB 1_a.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
||
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_BAB III_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_BAB IV_a.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_BAB V_a.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_DAPUS_a.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0123 WISNU KRISNANDI CAKRA BUANA_LAMPIRAN_a.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan penduduk di kota Jakarta meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut berdampak pada padatnya kota Jakarta. Dan berbagai masalah muncul seperti polusi udara meningkat, hampir 64% lahan dikota jakart sudah digunakan, tingkat stress yang tinggi dan juga kemacetan yang tak kunjung selesai. Dari beberapa permasalahan tersebut, pemerintah kota Jakarta dalam peraturan daerahnya merencanakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan membangun Transit Oriented Development. Transit Oriented Development ini merupakan sebuah kawasan campuran yang melibatkan dua atau lebih kegiatan menjadi suatu satu kesatuan yang dimana kawasan tersebut terintegrasi dengan berbagai transportasi umum.Lalu didalam projek ini menganilisi tempat yang cocok untuk dilakukan pendekatan Transit Oriented Development dan yang akhirnya menetapkan lokasi di Blok M Jakarta. Selain itu juga mengangkat sebuah masalah mengenai sirkulasi yang baik untuk transportasi umum yang nantinya terintgrasi dengan projek bangunan ini. Dan juga menyatukan sirkulasi antara pejalan kaki, pesepeda dan transportasi umum agar dapat berjalan dengan baik. Muncul lagi masalah dari penghawaan pada lokasi tersebut yang notabene melebihi standar kenyaman ruang, dan juga lingkungan sekitar bangunan pada lokasi tersebut merupakan bangunan pemerintahan serta bangunan komersial. Dari permasalahan tersebut dalam penyelesaianya didasari studi literatur dan juga survey mengenai studi preseden yang nantinya akan membantu dalam proses penyelesaian masalah. Penyesainnya menggunakan Arsitektur Kontekstual harmoni pemilihan arsitektur kontekstual harmoni agar bangunan yang nantinya akan di bangun bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar tanpa menjatuhkan bangunan lain disekitar lokasi. Dan dalam pengotimalan tujuan transit oriented development serta mengatasi penghawaan dari lokasi tersebut. Maka digunakanlah Biophilic Design. Biophilid design bertujuan untuk mengurangi polusi serta penghawaan yang sangat tinggi pada lingkungan sekitar yang bersifat mikro saja. Dalam tata ruang tapak pada mixed use building dengan pendekatan transit oriented development di Jakarta ini menggunakan teoru spasial urban yaitu teori linkage.Agar nantinya akan memudahkan sirkulasi dari trasportasi umum, pesepeda, dan pejalan kali beraktivitas didalam maupun diluar bangunan namun sifatnya mengikat dengan bangunan. Jadi integrase dalam transportasi umum dapat terwujud dengan baik. Untuk tata ruang didalam bangunannya sendiri menggunakan pola sirkulasi linear untuk memudahakan dalam penempatan ruang tenant dan juga hunian apartemen. Selain itu juga memudahkan para pengunjung untuk mencari tenant yang akan di kunjungi dan juga hunian partemen yang akan di kunjungi. Hasil dari perancangan mixed use building dengan pendekatan transit oriented development di Jakarta ini adalah sebuah kawasan 3 fungsi campuran yang terintegrasi dengan transportasi umum.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture |
Depositing User: | Ms Agustin Hesti Pertiwi |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:38 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 06:41 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21362 |
Actions (login required)
View Item |