Christianti, Kezia Cindy (2019) LANDASAN TEORI DAN PROGRAM SEKOLAH INTERNASIONAL TERPADU DI SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_COVER.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_BAB 1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_BAB 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_BAB 4.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_BAB 5.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_DAPUS.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
15.A1.0003_Kezia Cindy Christianti(6.55)_LAMPIRAN.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Sampai sekarang kaum ekspatriat yang ada di Indonesia semakin berkembang jumlahnya. Termasuk Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang memiliki potensi besar untuk datangnya kaum ekspatriat. Sekolah – sekolah di Indonesia yang menggunakan kurikulum internasional masih belum banyak, terutama di Kota Surakarta tidak ada sekolah internasional yang menggunakan kurikulum internasional. Penerapan kurikulum internasional di sekolah internasional merupakan penyediaan fasilitas pendidikan bagi anak – anak kaum ekspatriat dan anak – anak Indonesia yang ingin mendapatkan pendidikan internasional, dari tingkatan dasar, menengah, sampai yang tinggi. Kurikulum internasional dan kurikulum nasional memiliki perbedaan di sistem pembelajarannya. Kurikulum – kurikulum internasional yang sudah diterapkan di sekolah – sekolah internasional yang ada di Indonesia antara lain ada Montessori Curriculum, International Primary Curriculum, International Baaccalaureate, dan Cambridge Examination. Dalam projek ini, bangunan sekolah internasional di Kota Surakarta perlu akan dirancang dengan memperhatikan penataan ruang – ruang untuk menghindari perundungan tiap tingkatan. Perancangan desain bangunan yang dapat berselaras dengan bangunan sekitar agar desain bangunan tidak terlalu mencolok tapi tetap bisa menunjukkan fungsi dari bangunan. Serta memperhatikan kebisingan yang dapat masuk ke ruang – ruang pembelajaran, agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Dengan penerapan Arsitektur Kontemporer, permasalahan – permasalahan desain yang muncul dapat diselesaikan dengan karakteristik – karakteristik yang ada. Kompleks sekolah internasional akan di desain dengan penerapan arsitektur kontemporer yang memiliki kesan terbuka dan dapat menyatu dengan alam. Dengan perancangan bangunan sekolah internasional ini akan meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Kota Surakarta yang akan semakin maju.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Educational Buildings > School Buildings |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture |
Depositing User: | Ms Agustin Hesti Pertiwi |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 03:37 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21290 |
Actions (login required)
View Item |