RONAULY, LIDYA GITA (2019) KENDALI MOTOR BLDC DENGAN SUDUT EKSITASI VARIABEL UNTUK MENGHASILKAN TORKA MAKSIMUM. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf COVER.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf BAB I.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf BAB III.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf BAB IV.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf BAB V.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf DAPUS.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
15.F1.0016 LIDYA GITA RONAULY (4.49)..pdf LAMP.pdf Download (970kB) | Preview |
Abstract
Seiringnya berkembangnya zaman kebutuhan motor semakin meningkat, dari kendaraan listrik, alat medis, maupun industri. Namun, tren saat ini adalah sebagian besar desain baru bergerak kearah Brushless DC Motor, yang popular dikenal dengan sebutan BLDC. Terutama pada penggunaan kendaraan listrik. Motor BLDC merupakan salah satu penggerak listrik yang memiliki karakteristik torsi yang tinggi. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh motor ini, struktur motor yang lebih sederhana, memiliki effisensi yang tinggi, dan biaya perawatan yang rendah. Dalam pengoperasian motor BLDC, motor ini memerlukan kontrol yang tepat untuk membangkitkan stator motor agar dapat menghasilkan torsi maksimum. Penggunaan sensor hall effect yang diletakkan pada stator dengan interval jarak 120 derajat menjadi salah satu keterbatasan pada motor ini. Kontrol dengan kemampuannya untuk menghidupkan dan mematikan sakelar konverter akan menentukan torsi yang dihasilkan. Oleh karena itu, apabila terjadi kesalahan dalam penempatan sensor hall effect, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dan performa suatu motor.Pada laporan Tugas Akhir ini akan dibahas tentang strategi kontrol yang dapat menyesuaikan sudut eksitasi sangat dibutuhkan untuk komutasi motor BLDC. Dengan menggunakan fasilitas input capture dari Digital Signal Processor, sudut dapat disesuaikan dalam presisi yang tinggi. Penilitian ini menggunakan dsPIC30F sebagai inti kontrol dan diharapkan sudut eksitasi yang tepat mampu memaksimalkan torsi yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 621 Electrical engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 30 Mar 2020 03:04 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 02:40 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21089 |
Actions (login required)
View Item |