MAHARNIKA, IVO (2008) BUDAYA ORGANISASI BERDASARKAN TEORI HOFSTEDE Studi pada RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
02.40.0185 Ivo Maharnika COVER.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text (BAB VI)
02.40.0185 Ivo Maharnika BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.40.0185 Ivo Maharnika DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
02.40.0185 Ivo Maharnika LAMPIRAN.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Penelitian kali ini bertujuan untuk memotret budaya yang terjadi dalam Rumah Sakit Banyumanik (RSB) dilihat dari dimensi-dimensi teori Hofstede, kemudian mengulas kesesuaian antara budaya yang dilakukan oleh karyawan tersebut dengan pengharapan manajemen, yang dalam hal ini berupa budaya kerja yang dicanangkan manajemen. Tujuan bermuara pada saran-saran praktis yang ditujukan bagi manajemen untuk pengembangan RSB berdasarkan kesenjangan budaya yang ada. Penelitian berupa penelitian campuaran kuantitatif dan kualitataif. Alat ukur yang digunakan adalah skala dan wawancara. Subjek skala sebanyak 33 orang dan subjek wawancara sebanyak lima orang. Dimensi Pertama Hofstede adalah tentang bagiamana kebiasaan karyawan dalam penyelesaian pekerjaan, apakah berorientasi result (hasil) atau process (proses)? Kedua, tentang bagiamana manajemen melihat karyawannya, apakah berorientasi dalam konteks job (pekerjaan semata) atau sebagai employee (karyawan seutuhnya). Ketiga, mengenai pengikatan diri karyawan terhadap perusahaan, apakah mengarah pada sistem parochial atau profesionali? Keempat, tentang pola komunikasi orang-orang RSB, apakah tergolong terbuka atau tertutup? Kelima, adalah sistem penegakan aturan dalam RSB, apakah loose system (sistemnya longgar) atau tight (ketat)? Dimensi terakhir, mengenai pendekatan marketing, apakah polanya mengarah pada tipe pragmatif atau normatif? Hasilnya, dimensi pertama result oriented, kedua, employee oriented, ketiga, parochial oriented, keempat, open system, kelima, tight system control,dan keenam, pragmatif system. Kata kunci: Teori Hofstede, process-result oriented, job-employee oriented, professional-parochial system, closed-open system, loose-tight system control, normatif-pragmatif system
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 306 Culture and institutions |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 21:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 21:10 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
View Item |