Pratama, Rio Adi (2019) EVALUASI KINERJA APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text (COVER)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf BAB III.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf BAB IV.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf DAPUS.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
14.B1.0095 RIO ADI PRATAMA (8.49)..pdf LAMP.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan akan transportasi di tiap waktunya, selalu mengalami peningkatan. Namun tingginya akan kebuthan transportasi, tidak di imbangi dengan kapasitas jalan dan pengaturan lalu lintas yang baik. Dalam hal ini, muncul usulan untuk menggunakan suatu sistem bernama Area Traffic Control System (ATCS). Area Traffic Control System (ATCS) adalah suatu system pengendalian simpang lalu lintas jalan raya dengan menggunakan lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) dimana pengaturan lampu lalu lintas pada masing-masing simpang saling terkoordinasi, sehingga pengguna jalan mendapatkan tundaan dan panjang antrian yang minimum. Pemerintah Kota Semarang sudah memasang APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) di setiap kaki simpang sepanjang jalan DR Cipto, kurangnya APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) yang terkoordinasi dengan baik. Membuat panjang antrian di sepanjang jalan DR Cipto semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam studi penerapan ini adalah metode survey, antara lain survey volume lalu lintas, panjang antrian, tundaan, dan fase lampu. Hasil survey kemudian diolah dengan menggunakan rumus dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Hasil dari studi penerapan ini adalah didapatkan alternatif koordinasi dengan waktu siklus 68 detik untuk tiap simpangnya. Dan penurunan panjang antrian sepanjang 24,065 m. Seiring berjalannya waktu, jumlah kendaraan akan terus bertambah sedngkan kapasitas jalan tidak mungkin lagi untuk ditambah dan perubahan geometrik pun sulit untuk dilakukan, maka dari itu perlu kebijakan serius dan tegas dari pemerintah untuk menekan pertambahan jumlah kendaraan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 343 Military, defense, public property, tax, trade & industrial law > Traffic regulation |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 07:11 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 07:11 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20664 |
Actions (login required)
View Item |