SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA MURID TK

Rumengan, Ludia Swastika (2017) SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA MURID TK. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB 3)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB 4)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsentrasi adalah ketrampilan yang wajib dimiliki murid agar mampu memahami pelajaran dengan baik. Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya serap murid terhadap pelajaran. Konsentrasi pada murid TK PGRI 27 tergolong rendah ditunjukkan dengan perilaku meninggalkan tugas, berjalan, melamun sehingga dapat mengganggu kesiapan murid memasuki jenjang sekolah berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap peningkatkan konsentrasi pada murid taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi, dengan subyek penelitian sebanyak 16 orang murid taman kanak-kanak. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsentrasi. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -2,524 dengan p < 0,012 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor posttest konsentrasi pada kelompok kontrol dan skor posttest pada kelompok eksperimen sesudah diberikan senam otak. Konsentrasi setelah melakukan senam otak lebih baik bila dibandingkan dengan tidak melakukan senam otak (Mean Posttest Kelompok Kontrol = 63,13 dan Mean Posttest Kelompok Eksperimen = 86,00). Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:52
Last Modified: 25 May 2022 02:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20620

Actions (login required)

View Item View Item