LUDIA SWASTIKA, RUMENGAN (2017) SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA MURID TK. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - COVER.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB IV)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (BAB III)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
|
Text (BAB V)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - BAB V.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11.92.0049 Ludia Swastika Rumengan - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konsentrasi adalah ketrampilan yang wajib dimiliki murid agar mampu memahami pelajaran dengan baik. Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya serap murid terhadap pelajaran. Konsentrasi pada murid TK PGRI 27 tergolong rendah ditunjukkan dengan perilaku meninggalkan tugas, berjalan, melamun sehingga dapat mengganggu kesiapan murid memasuki jenjang sekolah berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap peningkatkan konsentrasi pada murid taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi, dengan subyek penelitian sebanyak 16 orang murid taman kanak-kanak. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsentrasi. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -2,524 dengan p < 0,012 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor posttest konsentrasi pada kelompok kontrol dan skor posttest pada kelompok eksperimen sesudah diberikan senam otak. Konsentrasi setelah melakukan senam otak lebih baik bila dibandingkan dengan tidak melakukan senam otak (Mean Posttest Kelompok Kontrol = 63,13 dan Mean Posttest Kelompok Eksperimen = 86,00). Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:28 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20610 |
Actions (login required)
View Item |