PERANCANGAN GAME COMPUTATIONAL THINKING UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Pratama, Y. Yudistira Adi (2019) PERANCANGAN GAME COMPUTATIONAL THINKING UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf DAPUS.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.N2.0005 Y. YUDISTIRA ADI PRATAMA (6.49)..pdf LAMP.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pola pikir yang berdasarkan computional thinking harus mulai dilatih pada anak-anak sedini mungkin. Pada Penelitian ini dibuat game “C-Think” yang melatih cara berpikir anak secara logis, runtut dan sistematis sesuai dengan konsep computional thinking. Implementasi game ini dengan menggunakan construct 2 dan berbasis android supaya bisa digunakan di smartphone. Game “C-Think” dirancang dalam 4 stage atau tingkatan. Masing-masing stage mempunyai 4 variasi, dari yang termudah sampai tersulit. Masing-masing stage mempunyai batasan waktu untuk menyelesaikan stage tersebut. Hasil uji pada 30 siswa-siswi Sekolah Dasar antara kelas 4 sampai dengan kelas 6 menunjukkan bahwa mereka menyukai game ini karena tampilannya yang mudah dimengerti dan mudah untuk dimainkan. Hal ini terbukti dengan uji statistic yang dilakukan variable kemudahan (M) dan variable kebergunaan (B) berkolerasi dengan variable intension (I). Kata Kunci : Game, Computional Thinking, Sekolah Dasar, Android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:45
Last Modified: 03 Dec 2019 08:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20555

Actions (login required)

View Item View Item