YULIANTO, JEFFRI (2019) FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text (COVER)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
|
Text (BAB III)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB III.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB IV.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB V.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB VI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf DAPUS.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf LAMP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap guru terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, serta mendapatkan gambaran mengenai faktor faktor yang memengaruhi sikap tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang guru yang mengajar di SD Negeri Barusari 01 Semarang yang bekerja lebih dari sepuluh tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, masing masing subyek memiliki sikap yang beragam terhadap ABK sekolah inklusi. Sikap yang dimiliki guru terhadap ABK di sekolah inklusi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor pertama adalah faktor kondisi siswa, ABK dengan hambatan yang cukup parah karena tidak diterapi dan tidak mendapatkan penanganan psikolog akan membuat guru kurang mengembangkan sikap penerimaan. Faktor pelatihan yang pernah diterima guru serta latar belakang pendidika juga dapat memengaruhi seorang guru mengembangkan sikap positif atau negatif terhadap ABK. Nilai hidup yang berakar dalam diri individu guru memengaruhi sikap terhadap ABK di sekolah inklusi. Faktor lingkungan pembelajaran seperti tidak tersedianya Guru Pendamping Khusus cukup kuat memengaruhi sikap negatif yang dimiliki guru terhadap ABK di sekolah inklusi. Penelitian ini diharapkan dapat membuat guru dan pihak terkait dapat dan memerhatikan faktor faktor penting dalam mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap ABK sehingga pelaksanaan pendidikan inklusi dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : sikap guru terhadap ABK, sekolah inklusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 01:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 02:29 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20499 |
Actions (login required)
View Item |