MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN MELALUI SENTRA MAIN PERAN

Elyana, Luluk (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN MELALUI SENTRA MAIN PERAN. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1-BAB-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
6-BAB-6.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7-Daftar Pustaka.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
8-Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sentra main peran terhadap penmgkatan kosakata anak usia 3 - 4 tahun Hipotesis dalam penelitian ini adalah Sentra main peran dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak usia tiga sampai empat tahun.Populasi dan Sampel dalam penehhan Ini anak yang memiliki rentang usia 3 - 4 tahun dengan knteria jarang sekali berbicara ketika berada di sekolah. Penelitian iru menggunakan metode penelitian expen'mental design. Terdapat dua kelornpok, yartu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis dalam peneli an ini menggunakan uji U Mann -Whitney dan Wilcoxon test Anal.sis U mann - Whitney diperoleh hasil rata - rata peningkatan score pada kelompok eksperimen (Mean Ranks pada observasi sesudah treatment adalah 8.00) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (Mean Ranks pada observasi sesudah treatment adalah 3 00) Hal ini menuruukkao bahwa kelompo eksperimen setelah dibenkan treatment atau oerlakukan berupa sentra main peran maka suoyek -nenqalarm pentngka:an kemampuan kosakata lebih baik daripada kelompok kontrol ciroana o <0.005 Z score selisihnya adalah 2,611 sedangkan Wilcoxon p<O 005 selrsrh Z score adalah 2.023. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan kosakata pada kelompok eksperimen setelah dibenkan treatment sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan drmana p >0 005 dan Z score 1.761.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:03
Last Modified: 21 Oct 2020 02:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item