NURYANTO, HARY (2012) PEKERJAAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT DAN ASAS PERLINDUNGAN SERTA KESELAMATAN PASIEN. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
10.93.0029 Hary Nuryanto COVER.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
10.93.0029 Hary Nuryanto BAB 1.pdf Download (535kB) | Preview |
|
Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0029 Hary Nuryanto BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0029 Hary Nuryanto BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
|
Text (BAB 4)
10.93.0029 Hary Nuryanto BAB 4.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.93.0029 Hary Nuryanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Peke~aan Kefarmasian adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu Sediaan Farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat serta pengembangan obat, bahan abat dan obat tradisional. Pad a saat ini orientasi pelayanan kefarmasian telah bergeser dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan mengacu kepada pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care). Kegiatan pelayanan yang tadinya hanya berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditi berubah menjadi pelayanan yang komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Peke~aan Kefarmasian di Rumah Sakit harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang rnempunyai keahlian dan kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tenaga kesehatan yang dimaksud adalah apoteker, karena apoteker bettanggungjawab atas peke~aan kefarmasian di rumah sakit. Sebagai konsekuensi perubahan arientasi tersebut maka apoteker dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya agar mampu berkumunikasi dalam pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care) yang berinteraksi langsung dengan pasien agar tercapai perlindugan dan keselamatan pasien . Asas Perlindungan dan Keselamatan Pasien merupakan tujuan utama bagi Reke~aan kefarmasian untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Hubungan dan arahnya jelas untuk melindungi dan memberi keselamatan bagi pasien ketika berhubungan dengan I<e~aan Kefarmasian dan merupakan perwujudan dari sikap pemerintaM yang selama ini memang dibutuhkan bagi pasien.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health |
Divisions: | Graduate Program in Master of Law |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 04:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:31 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18186 |
Actions (login required)
View Item |