Ivana, Claudia Dika (2018) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL UNTUK PENCEGAHAN KASUS BUNUH DIRI DI SEMARANG (SUICIDE PREVENTION). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).COVER.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).BAB I.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).BAB IV.pdf Download (902kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).DAPUS.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
14.L1.0049 CLAUDIA DIKA IVANA L. (2.42).LAMP.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Kasus bunuh diri di Indonesia sudah marak terjadi 3 tahun belakangan ini. Sepanjang tahun 2016 hingga 2017, tercatat kematian yang disebabkan oleh bunuh diri ada kurang lebih 30.000 jiwa. Dengan banyaknya faktor permasalahan pribadi, hingga dijadikan tren yang membuat persepektif masyarakat terhadap bunuh diri menjadi lain. Permasalahan yang ditemukan adalah, pencegahan bunuh diri di Indonesia yang dinilai kurang efektif karena mengandalkan lingkungan yang kurang peka. Maka kampanye ini dibuat untuk melakukan pencegahan bunuh diri dengan target sasaran wanita berumur 20 – 25 tahun dengan standar ekonomi A di Semarang. Wanita dipilih menjadi target sasaran karena wanita yang lebih rentan terkena depresi dan kecenderungan untuk bunuh diri karena pemikiran yang kompleks. Menurut wawancara yang sudah dilakukan dengan psikolog, cara yang paling mudah untuk dilakukan untuk pencegahan tindakan bunuh diri adalah dengan mengajaknya berbicara dan bercerita. Dengan berbicara, calon korban bisa mengeluarkan sedikit beban dan melakukan tindakan preventif terhadap dirinya sendiri. Permasalahan akan diselesaikan dengan menggunakan strategi komunikasi Attention, Interest, Search, Action, Share atau yang dikenal sebagai AISAS. Yang akan dilakukan adalah dengan memasang booth yang akan ada disetiap kampus di Semarang untuk menarik perhatian target sasaran yang nantinya akan menuju ke informasi lebih lanjut mengenai kampanye. Dan media utamanya adalah buku interaktif yang besifat self – therapy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotion and Feeling > Suicide |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 07:37 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 05:47 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17444 |
Actions (login required)
View Item |