Giovanni, Maxentia (2018) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal dalam Siklus Piutang pada PT Subendwipa Jaya Semarang. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).COVER.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB III.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB IV.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).DAPUS.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).LAMP.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Topik penelitian ini dipilih karena sistem pengendalian internal diperlukan oleh PT Subendwipa Jaya khususnya dalam hal penagihan dan penerimaan piutang agar dapat mendukung kegiatan perusahaan. Aktivitas penagihan dan penerimaan piutang di evaluasi berdasarkan lima komponen sistem pengendalian internal yaitu lingkungan pengendalian, informasi dan komunikasi, penilaian risiko, aktivitas pengendalian serta pemantauan. Kemudian dianalisis untuk menentukan kekuatan dan kelemahan sistem pengendalian internal serta memberikan solusi yang diperlukan. Penulis menganalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data dari hasil wawancara dan data sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis kelima komponen sistem pengendalian internal terhadap aktivitas penagihan dan penerimaan piutang disimpulkan komponen terbaik adalah pemantauan dan komponen terburuk adalah informasi dan komunikasi. PT Subendwipa Jaya memerlukan perbaikan kebijakan seperti pelanggan diharapkan melakukan pembayaran dengan cara transfer, bagian penagihan sebaiknya melakukan rolling tugas kolektor setiap setahun sekali, melakukan penilaian kinerja setiap satu atau dua kali dalam setahun serta perbaikan Standard Operating Procedures (SOP). Perbaikan SOP paling penting yaitu bagian penagihan seharusnya melakukan konfirmasi kepada pelanggan yang belum melunasi piutang dan bagian piutang perlu melakukan pengawasan kepada bagian penagihan setelah bagian penagihan menyetor kas ke bank. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Penagihan dan Penerimaan Piutang, SOP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 04:42 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 07:45 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17358 |
Actions (login required)
View Item |