Hardjono, Lioputra (2018) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BERFIKIR KREATIF UNTUK BEKERJA BAGI TUNA RUNGU DAN TUNA WICARA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).COVER.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.L1.0047 LIOPUTRA HARDJONO (3.41).DAPUS.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Bagi banyak orang, pekerjaan merupakan suatu hal yang sulit untuk didapatkan. Apalagi, permintaan serta kriteria tertentu yang disyaratkan oleh sebagian pemberi lapangan pekerjaan menambah tugas sendiri untuk sebagian orang untuk mendapat pekerjaan tersebut. Padahal, jika mereka sulit mendapatkan pekerjaan, mereka tidak dapat bekerja sehingga mereka tidak dapat mendapatkan penghasilan yang layak untuk memenuhi kebutuhan dirinya ataupun keluarganya. Akibat lebih jauh dari kondisi ini, semakin banyak masyarakat yang menjadi pengangguran, serta tingkat kemiskinan di Indonesiapun akan semakin meningkat. Kondisi tersebutpun dialami oleh banyak penyandang disabilitas Padahal, banyak para penyandang disabilitas memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik di bidang teknologi, penulis, editor, maupun bidang lainnya. Namun, potensi tersebut tidak dapat terasah secara maksimal karena masih banyaknya pemberi lapangan pekerjaan tersebut yang tidak membukakan ruang untuk para penyandang disabilitas. Oleh karena itu sebagai pembelajar Desain Komunikasi Visual, saya bergerak untuk membuat kampanye sosial dengan memanfaatkan media visual untuk berkomunikasi dan memotivasi beberapa disabilitas khususnya tuna rungu dan tuna wicara untuk dapat memanfaatkan dan menjadikan indera mereka yang lain sebagai alat bantu untuk berkreativitas dan membuat karya-karya yang memiliki nilai harga dan menjadi media yang berfungsi. Beberapa strategi yang dilakukan untuk melakukan kegiatan kampanye sosial tersebut adalah melakukan aksi kampanye sosial secara langsung dengan survey terhadap para tuna rungu dan tuna wicara dan bekerja sama dengan instansi sosial. Instansi sosial yang menjadi wadah bagi penelitian ini adalah “Roemah Difabel” yang merupakan sebuah tempat pemberdayaan bagi kaum disabilitas yang berada di Kota Semarang. Penggunaan media lainnya yaitu dengan melalui video animasi kreatif, website, media sosial, yang nantinya akan didesain dengan sangat teliti dan menarik, dan juga memiliki media pendukung seperti T-shrit, merchandise, dan juga akan dipasarkan dengan membuat iklan di media cetak dan elektronik yang sesuai dengan target audience yang juga akan didesain semenarik mungkin, sehingga menarik minat para kaum tuna rungu dan wicara dan para difabel untuk mengenal lebih dalam dan mengikuti kampanye sosial ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 02:15 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 05:32 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17120 |
Actions (login required)
View Item |