Raharjo, Monica (2018) PERANCANGAN GAME EDUKATIF MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN UNTUK ANAK KELAS 2 SD. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.13.0034 Monica Raharjo.COVER.pdf Download (881kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.13.0034 Monica Raharjo.BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.13.0034 Monica Raharjo.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.13.0034 Monica Raharjo.BAB III.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.13.0034 Monica Raharjo.BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.13.0034 Monica Raharjo.BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.13.0034 Monica Raharjo.DPS.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.13.0034 Monica Raharjo.LAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok di Indonesia. Keberadaan pelajaran matematika sendiri terkadang menjadi sesuatu yang sering ditakutkan oleh anak-anak. Di Indonesia prestasi matematika sendiri cukup tinggi, akan tetapi hal ini bertolak belakang dengan fakta berdasarkan data yang menunjukan bahwa mutu pendidikan matematika di Indonesia tergolong rendah. Salah satu kunci dari pelajaran matematika berdasar pada perkalian, karena perkalian adalah dua tingkat dari penjumlahan . Perkalian diajarkan mulai dari kelas 2 SD, dimana diusia ini anak sudah mulai paham tentang cara untuk menyelesaikan masalah (soal matematika). Hal pertama yang diajarkan dari perkalian untuk anak kelas 2 SD adalah perkalian dasar yaitu perkalian 1-10. Anak kelas 2 SD berkisar pada usia 6-8 tahun, dan pada usia ini anak-anak masih suka bermain dan belajar sesuatu yang baru. Karena matematika merupakan salah satu pelajaran utama dan perkalian adalah kuncinya, oleh karena itu pembelajaran tentang perkalian ini sangat penting. Pembelajaran matematika yang cocok digunakan untuk anak kelas 2 SD adalah melalui sebuah game edukatif. Melalui game edukatif anak dapat belajar tentang matematika dalam bentuk permainan. Game digunakan untuk menarik perhatian anak agar secara tidak langsung mereka belajar perkalian. Dengan menggunakan game sebagai perantara untuk belajar matematika dapat membantu anak untuk paham dan bisa menghafalkan perkalian dasar dan dapat menjadi bekal untuk mempelajari matematika ditingkatan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 02:44 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 08:09 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16725 |
Actions (login required)
View Item |