EFEKTIVITAS PELATIHAN KUALITAS RELASI ATASAN-BAWAHAN UNTUK MENINGKATKKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN HOTEL X SEMARANG

Prastiwi, Tita Febri (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN KUALITAS RELASI ATASAN-BAWAHAN UNTUK MENINGKATKKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN HOTEL X SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).BAB IV.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.92.0079 Tita Febri Prastiwi (2.22%).DAPUS.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku OCB melalui pelatihan kualitas relasi atsan-bawahan pada karyawan Hotel X Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan OCB karyawan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan kualitas relasi atasan-bawahan. OCB lebih tinggi setelah karyawan hotel X mengikuti pelatihan kualitas relasi atasan-bawahan dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan. Desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental One Group Pre test-Post test Design dengan subyek pelatihan karyawan Hotel X Semarang yang berjumlah 11 orang. Pengukuran dilakukan dengan membandingkan skor OCB sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan Uji beda T-Test diperoleh nilai Z sebesar -2,180 dengan p value (Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.029. Sebelum diberikan pelatihan kualitas relasi atasan - bawahan diperoleh hasil skor ratarata 38.73 dan setelah diberikan pelatihan kualitas relasi atasan - bawahan diperoleh skor ratarata 45,82. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan OCB karyawan hotel X Semarang yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan kualitas relasi atasan-bawahan. MAka dapat dinyatakan bahwa hipotesis terbukti yaitu ada peningkatan yang signifikan OCB karyawan hotel X Semarang setelah mengikuti pelatihan kualitas relasi atasan-bawhan dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Labor Economics > Labor Productivity
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 10 Jul 2018 08:18
Last Modified: 08 Jun 2021 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16656

Actions (login required)

View Item View Item