Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Tulak, Harmelia (2013) Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Masters thesis, Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.92.0068 Harmelia Tulak COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.92.0068 Harmelia Tulak BAB I - PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.92.0068 Harmelia Tulak BAB II - METODE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.92.0068 Harmelia Tulak BAB III - HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.92.0068 Harmelia Tulak BAB IV - PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.92.0068 Harmelia Tulak BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.92.0068 Harmelia Tulak DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.92.0068 Harmelia Tulak LAMPIRAN.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan alat peraga manik-manik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD, khususnya materi matematika kelas IV. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika pada kelompok ekpserimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest dan postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV terdiri dari 10 siswa. Alat untuk mengukur prestasi belajar adalah tes prestasi. Tes tersebut berisi tentang materi matematika topik bilangan bulat. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan nilai U = 3.000, dengan p < 0.05. Kata Kunci : metode kooperatif tipe NHT dengan alat peraga manik-manik, prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 03 Sep 2015 20:06
Last Modified: 03 Sep 2015 20:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item