Search for collections on Unika Repository

KOMUNIKASI ANAK DOWN SYNDROME

Pinaremas, Laksita Sepastika (2018) KOMUNIKASI ANAK DOWN SYNDROME. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas (2.28%).COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas (2.28%).BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas DAPUS.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.42.0026 Laksita Sepastika Pinaremas LAMP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi anak dengan gangguan down syndrome. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana kemampuan komunikasi anak down syndrome. Penelitian ini dilakukan dengan memilih metode kualitatif yaitu fenomenologi deskriptif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 3 orang ibu dan anak. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Proses validasi data yang digunakan adalah menggunakan member checking, peer debriefing dan prolonged time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi anak down syndrome memiliki beragam bentuk dalam hal verbal, yaitu berbicara, pengucapan, menulis, kejelasan menulis. Sedangkan dalam hal non verbal yaitu ekspresi wajah, kontak mata, gerakan isyarat, sentuhan dan penggunaan ruang dan jarak. Selain itu, banyak kekuatan dan kelemahan kemampuan komunikasi yang berbeda dari tiap anak. Perkembangan komunikasi anak pun dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pola asuh, lingkungan, stimulasi ayah dan saudara kandung, kemampuan kognitif, dan pendidikan orangtua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:53
Last Modified: 07 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item