ANDRIANI, FIKI (2018) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT PENURUNAN BURNOUT DI KALANGAN GURU. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.COVER.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB I.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB V.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB VI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap tingkat penurunan burnout dikalangan guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh brain gym terhadap tingkat penurunan burnout dikalangan guru. Pengambilan sample dilakukan menggunakan purposive sampling dengan total subyek delapan guru SMA Santo Michael (n=8). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan alat ukur skala MBI (Maslach Burnout Inventoy) dan treatment yang diberikan menggunakan brain gym. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Z skor sebesar -2,524 dengan sig = 0,006 (p < 0,01) yang menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan pada skor pre-test dan post-test pada pemberian treatment brain gym. Berdasarkan analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > Teacher |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 07:51 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:10 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16467 |
Actions (login required)
View Item |