AN ANALYSIS OF STUDENTS’ RETICENCE IN SPEAKING CLASS

Augustin, Melina (2017) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ RETICENCE IN SPEAKING CLASS. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - BAB IV.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN - DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.80.0068 MELINA AUGUSTIN- LAMPIRAN.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas faktor-faktor penyebab siswa di SMP Kebon Dalem memilih untuk bersikap diam di kelas speaking. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor yang dapat menyebabkan siswa menjadi pasif, tidak mau berbicara, dan berpartisipasi di kelas speaking. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sistem pendukung apa yang diinginkan oleh siswa saat di kelas. Metode analisa kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengolah data. Untuk memperoleh data kualitatif, penulis melakukan interview ke 10 siswa untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai permasalahan yang mereka alami dan sistem pendukung yg mereka inginkan di kelas speaking. Untuk mendukung data kualitatif, penulis menyebarkan questionnaire ke 40 siswa yang mengikuti klub Bahasa Inggris di SMP Kebon Dalem. Pernyataan di kuesioner mendeskripsikan siswa yang bersikap diam di kelas speaking. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor utama yang memengaruhi sikap siswa saat di kelas yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ditemukan bahwa siswa merasa kurang percaya diri dan kurangnya kefasihan dalam Bahasa Inggris. Demikian juga, terdapat 3 faktor eksternal yang memiliki peranan sangat penting bagi siswa, yaitu peranan orangtua, teman, dan guru. Adapun sistem pendukung yang diinginkan oleh siswa untuk mengurangi sikap diam diri mereka, antara lain teman bisa menghargai dan tidak menertawakan teman lain saat membuat kesalahan. Selain itu, mereka berharap guru bisa lebih memperhatikan siswa di kelas dan memberikan tugas-tugas yang dapat meningkatkan kemampuan mereka berbicara di kelas speaking.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
300 Social Sciences > 370 Education > Teacher
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jun 2018 06:57
Last Modified: 02 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item