SUSANTO, IWAN (2018) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK KELAS 1-3 SD DENGAN MEDIA PENDUKUNG TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Di daerah Jawa Tengah kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan yang masih sangat sering terjadi dijalan raya. Bahkan di kota Semarang tiap tahunya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas masih sangat tinggi dan tiap harinya tercatat kurang lebih 10 kasus kecelakaan yang melibatkan anak dibawah umur. Faktor terbesar kecelakaan lalu lintas yang masih sering terjadi disebabkan oleh faktor pengendara yang tidak tertib dan tidak memahami rambu-rambu lalu lintas. Oleh karenanya pembelajaran rambu-rambu lalu lintas sejak dini memang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut. Namun pembelajaran rambu-rambu lalu lintas di kota Semarang dianggap masih kurang efektif karena sama sekali tidak ada buku pelajaran yang membahas mengenai rambu-rambu lalu lintas. Hal tersebut merupakan faktor yang menghambat jalanya kegiatan pembelajaran rambu-rambu lalu lintas yang menyebabkan masih banyak murid yang tidak memahami rambu-rambu lalu lintas. Tidak adanya penggambaran fungsi dari rambu-rambu lalu lintas dijalan raya juga menjadi penyebab murid-murid sulit untuk memahami pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Oleh karenanya buku interaktif pembelajaran rambu-rambu lalu lintas yang didukung teknologi Augmented Reality amat cocok untuk digunakan sebagai tambahan buku pelajaran. Melalui buku interaktif tersebut murid-murid dapat lebih mudah mempelajari rambu-rambu lalu lintas karena ada pembahasan serta ilustrasi didalamnya. Selain itu melalui teknologi Augmented Reality murid-murid dapat memiliki gambaran mengenai fungsi dari rambu-rambu lalu lintas dijalan raya. Kata Kunci: Kecelakaan lalu lintas, pembelajaran rambu lalu lintas, buku interaktif, teknologi augmented reality, murid-murid, rambu lalu lintas, jalan raya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 343 Military, defense, public property, tax, trade & industrial law > Traffic regulation 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Engineering of Roads and Railroads > Highway |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 05:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:27 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16308 |
Actions (login required)
View Item |