PUTRA, YEDIJA PRIMA (2018) PERBANDINGAN SENSOR INFRAMERAH PADA KINECT DAN SENSOR ULTRASONIK UNTUK PERMAINAN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).BAB III.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0016 Yedija Prima Putra (1.19%).DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penggunaan sensor untuk permainan banyak ditemukan pada game center. Permainan-permainan tersebut mengajak pemainnya untuk bergerak aktif dengan mengombinasikan teknologi digital dan sensor yang ada. Akan tetapi, untuk membuat atau merakit permainan tersebut cukup rumit untuk dilakukan. Setidaknya dalam pembuatan tersebut diperlukan perancangan, pemrograman, perakitan dan instalasi peralatan elektronik, untuk membuat sebuah permainan arcade. Sebenarnya ada sebuah perangkat yang lebih mudah untuk membuat permainan arcade, yaitu menggunakan sensor kinect. Sensor tersebut dapat menangkap gambar dalam format 3 dimensi. Dengan demikian dapat dimanfaatkan sebagai input dalam sebuah permainan. Dalam permainan “Terjumlah”, memanfaatkan sensor kinect sebagai input untuk menggerakan karakter utama. Permainan ini juga memiliki nilai pembelajaran dengan materi matematika. Pemanfaatan sensor kinect kemudian dibandingkan dengan sensor lain yaitu sensor ultrasonik. Walaupun memiliki prinsip kerja yang berbeda, hasil keluaran kedua sensor hampir sama. Pada sensor inframerah pada kinect dapat mendeteksi posisi sumbu x, y dan z, sedangkan untuk sensor ultrasonik hanya dapat mendeteksi posisi sumbu z. Kata kunci: Kinect, permainan, edukasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:31 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 06:02 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16192 |
Actions (login required)
View Item |