Konsep dan Model Kemandirian Anak Dengan Down Syndrome

SUPARMI, . (2017) Konsep dan Model Kemandirian Anak Dengan Down Syndrome. Doctoral thesis, Universitas Gadjah Mada.

[img]
Preview
Text
S3-2017-324056-abstract.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melakukan eksplorasi konsep kemandirian anak dan mengembangkan model kemandirian anak down syndrome (DS) dengan menggunakan temuan konsep kemandirian anak. Penelitian menggunakan mixed methods, terdiri dari dua tahap dan dilakukan di kota Semarang dan sekitarnya. Tahap pertama menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan orangtua (N=45), observasi perilaku anak normal dan anak berkebutuhan khusus (N=45), serta focus group discussion dengan guru (N=62) dari jenjang KB/TK dan SD khusus, umum dan inklusi. Data dianalisis dengan analisis isi. Tahap kedua dengan pendekatan kuantitatif, subjek anak dengan DS yang sekolah di SLB C (N=57), data dikumpulkan dengan skala, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik Partial Least Squares. Penelitian menemukan model yang diajukan mendapatkan dukungan data empirik, baik model kemandirian anak dengan DS maupun model dinamika antar dimensi kemandirian anak. Dengan demikian hipotesis: “Nilai anak berkebutuhan khusus, taraf sosial ekonomi keluarga, usia kronologis, usia mental dan taraf inteligensi anak berpengaruh terhadap kemandirian anak dengan DS, dimediasi oleh pengasuhan orangtua dan dukungan guru untuk mandiri” dapat diterima. Konsisten dengan temuan konsep, kemandirian anak dengan DS bersifat multidimensi dan hirarkis. Secara umum dapat dikatakan pembentukan kemandirian anak DS merupakan proses panjang, yang diawali dengan terbentuknya keterampilan bantu diri dan diakhiri dengan terbentuknya keterampilan sosialisasi dan mengatasi masalah. Dimensi tanggung jawab menjadi dimensi kedua yang penting untuk dikembangkan setelah pengembangan dimensi bantu diri pada anak. Dimensi tersebut menjadi jembatan bagi dimensi bantu diri dalam mempengaruhi pembentukan dimensi yang lain, yaitu dimensi sosialisasi, inisiatif, keterampilan domestik dan mengatasi masalah. Kata kunci: kemandirian anak dengan DS, pengasuhan orangtua, dukungan guru untuk mandiri, nilai anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Abnormal Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Rikarda Ratih
Date Deposited: 28 Feb 2018 06:25
Last Modified: 28 Feb 2018 06:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item