WULANDARI, FLORENSIA REVI (2014) COPING STRESS PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD ALOYSIUS SEMARANG. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari COVER.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text (BAB II available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text (BAB III available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
Text (BAB IV available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text (BAB V available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text (BAB VI available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
09.40.0048 Florensia Revi Wulandari LAMPIRAN.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses coping stress yang digunakan oleh guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus di SD Aloysius Semarang. Coping stress didefinisikan sebagai upaya perubahan kognitif dan perilaku yang terjadi secara terus menerus untuk mengelola tuntutan eksternal maupun internal yang dinilai sebagai beban atau melebihi kemampuan individu (Lazarus and Folkman, 1984,hal.141-142). Hal-hal yang menyebabkan guru stres akan memberikan dampak pada pengajaran pendidikan yang diberikan. Salah satu fenomena di sekolah ini adalah terdapatnya anak berkebutuhan khusus di dalam kelas. Tuntutan untuk mampu mengajar dua jenis murid terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi guru, dan tak jarang pula hal tersebut mempengaruhi pola belajar mengajar di dalam kelas. Meskipun tak sepenuhnya stresor yang dialami guru berasal dari anak berkebutuhan khusus, namun yang menjadi hal terpenting adalah solusi yang dilakukan oleh guru untuk mampu beradaptasi dengan situasi yang dialami. Adaptasi tersebut dilakukan dengan cara melakukan coping stress sebagai solusi untuk mengatasi stres yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan berbagai macam coping stress digunakan oleh guru, bergantung kepada faktor-faktor seperti jenis kelamin dan jenis stresor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > Teacher 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Health Psychology > Stress |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 20:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2015 20:17 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1563 |
Actions (login required)
View Item |