DARMAWAN, TAN, DEA AYU (2013) PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA JEPANG. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN COVER.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB II available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
Text (BAB III available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text (BAB IV available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
Text (BAB V available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text (BAB VI available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
09.40.0035 TAN, DEA AYU DARMAWAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kwartet terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang. Kemampuan mengingat merupakan hal yang penting berkaitan dengan proses belajar manusia. Semakin banyak informasi yang tersimpan dalam ingatan, semakin baik pula proses belajar seseorang. Salah satu proses belajar yang penting untuk mengembangkan diri manusia adalah berinteraksi dengan orang lain. Berinteraksi membutuhkan bahasa sebagai alat dan bahasa yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah bahasa Jepang. Untuk mempelajari bahasa, tentu perlu mengenal kosakata bahasa tersebut. Salah satu cara untuk mempelajari kosakata adalah dengan bermian. Bermain dapat menciptakan perasaan senang yang dapat membuat informasi yang diterima dapat dengan mudah disimpan dalam ingatan. Permainan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah permainan kartu kwartet. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang yang memiliki minat untuk mempelajari bahasa Jepang tetapi belum pernah mempelajari sebelumnya. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan mengingat subyek adalah 50 soal pilihan yang dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada tes FACT subtes Kode Ingatan. Berdasarkan hasil analisis data dengan metode T-Test for Independent Groups, didapatkan hasil t = 0,091 (t > 0,05). Hal ini menunjukan tidak ada perbedaan tentang skor kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang pada kelompok yang mendapatkan permainan kartu kwartet dengan kelompok yang tidak mendapatkan permainan kartu kwartet.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 Sep 2015 16:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2015 16:56 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1554 |
Actions (login required)
View Item |