Kasiha, Yanita (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS (PR)PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LUAR RUANG: STUDI KASUS GUBERNUR JAWA TENGAH SEBAGAI MODEL IKLAN 2013-2016. Other thesis, Unika Soegijapranata.
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha COVER.pdf Download (986kB) | Preview |
|
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha BAB III.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
13.23.0019 Yanita Kasiha LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Papan iklan (billboard) adalah suatu media yang paling banyak digunakan oleh para pengiklan karena secara visual dengan mudah diterima masyarakat. Billboard juga dapat menciptakan kesan atau ingatan khalayak melalui warna warna mencolok. Kecenderungannya, iklan layanan masyarakat yang diselenggarakan oleh lembaga publik menggunakan papan iklan. Pada umumnya papan iklan menggunakan publik figur sebagai model iklan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadikan Biro Humas Provinsi Jawa Tengah/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah sebagai model iklan informasi layanan publik di papan iklan karena masyarakat masih memandang Gubernur sebagai pejabat publik yang layak dijadikan panutan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, studi dokumentasi dan wawancara dengan beberapa narasumber. Dari hasil penelitian diketahui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Biro Humas Provinsi Jawa Tengah/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah telah melakukan strategi public relation (PR) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan media luar ruang. Strategi yang dimaksud berkaitan dengan tugas humas pemerintah, strategi komunikasi, iklan layanan masyarakat, serta media luar ruang. Kesimpulannya adalah ide-ide dalam pembuatan iklan layanan masyarakat yang ada di media luar ruang berdasarkan kreativitas Biro Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Tidak ada aturan atau panduan khusus mengenai strategi yang dilakukan, hanya sebatas pada peraturan Gubernur yang berisi tentang tugas pokok dan fungsi Biro Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Namun Gubernur Jawa Tengah juga secara aktif memberikan masukan untuk perbaikan konsep.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 01:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:37 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15500 |
Actions (login required)
View Item |