Hadiyanto, Angela Fiona (2017) Kajian Visual Primordialisme dalam Film Layar Lebar “Ngenest” Karya Ernest Prakasa Tahun 2015. Other thesis, Unika Soegijapranata.
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto COVER.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
13.13.0015 Angela Fiona Hadiyanto LAMPIRAN.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Ngenest merupakan film layar lebar karya Ernest Prakasa tahun 2015. Film layar lebar tersebut menceritakan perjuangan seorang Etnis Tionghoa yang ingin menyudahi pembullyan yang dialaminya. Untuk menyudahi pembullyan tersebut, terpikirkan untuk menikah dengan etnis berbeda yang justru menimbulkan konflik baru. Ketika menceritakan pemecahan masalah pembullyan tersebut, tersirat adanya primordialisme. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan permasalahan yang diajukan adalah “bagaimana membuktikan adanya primordialisme di dalam film layar lebar Ngenest karya Ernest Prakasa ditinjau dari ilmu semiotik visual?” Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui dan memahami fenomena primordialisme yang tersirat dalam film layar lebar Ngenest karya Ernest Prakasa tahun 2015 Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian kualitatif, meliputi: studi literatur, observasi, interview khusus dan analisa data. Studi literatur untuk melengkapi kerangka penelitian dan data analisa. Observasi dilakukan kepada Film Layar Lebar Ngenest secara visual. Interview khusus digunakan untuk mencari data dari penulis dan sutradara film ini. Analisa data yang digunakan adalah semiotika. Terdapat 3 semiotika yang digunakan, yaitu: ikon simbol indeks, desain komunikasi visual, dan film-sinematografi. Hasil dari kajian ini adalah ditemukan adanya primoridialisme dari kedua etnis. Kedua etnis tersebut berusaha menanamkan primordialisme, namun tidak semuanya berhasil. Terdapat dampak positif dan negatif dari primordialisme yang terlihat dalam film tersebut. Kata Kunci: Ngenest, etnis, primordialisme, semiotika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 01:26 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 01:59 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15487 |
Actions (login required)
View Item |